Sunday, January 12, 2014

PENGGUNAAN FUNGSI "IF" PADA MS EXCEL

Penggunaan "IF" Pada MS Excel 2007

Hari ini kita akan mempelajari penggunaan fungsi "IF" pada MS Excel, dimana saya menggunakan MS Excel 2010 untuk pembelajaran kali ini (MS Excel 2010 tidak jauh berbeda dengan MS Excel 2007, cuma masalah tampilan saja). Fungsi "IF" itu lebih tepatnya digunakan untuk membuat beberapa pilihan keadaan. Saya tidak akan menjelaskan terlalu panjang karna kita akan memakainya ditempat kerja, bukan memberikan kuliah yang justru akan membuat teman-teman semua menjadi bingung.
Mari kita peraktekkan langsung agar kalian bisa mengerti bagaimana memakai dan apa fungsi "IF" tersebut.
Sebagai contoh kita akan membuat data sebagai berikut :
Handphone = Elektronik
Tomat = Sayuran
Apel = Buah-Buahan
Kucing = Hewan
Seperti biasa silahkan membuka MS Excel kalian dan buat data diatas seperti dibawah ini.
Data Awal
Dari data diatas kita akan mencari jenis barang yang yang akan ditampilkan di Cell B secara otomatis tanpa diketik.

Berikut caranya :

1. Click cell yang akan di isi jenis barangnya.
Click cell yang akan di isi jenis barangnya

2. Masukkan rumus pada kotak rumus, seperti biasa diawali dengan Sama Dengan (=) lalu ketikkan :
=IF(A1="Handphone";"Elektronik";IF(A1="Tomat";"Sayuran";IF(A1="Apel";"Buah-Buahan";"Hewan")))

Saya akan menjelaskan maksud rumus diatas sebagai berikut :
JIKA(Cell A1 sama dengan Handphone namanya Elektronik
JIKA(Cell A1 sama dengan Tomat namanya Sayuran
JIKA(Cell A1 sama dengan Apel namanya Buah-Buahan
Selain itu namanya Hewan (untuk kondisi yang terakhir tidak perlu memakai IF)

Penting :
Setiap penulisan text berupa HURUF didalam rumus HARUS diawali dan diakhiri dengan tanda kutip ("") agar dapat dibaca oleh MS Excel, sedangkan untuk penulisan ANGKA TIDAK PERLU diawali dan diakhiri dengan tanda kutip (" "). 


3. Selesai..! maka akan keluar hasilnya secara otomatis seperti gambar dibawah ini.
Jenis barang akan keluar secara otomatis

Untuk cell dibawahnya tidak perlu mengetik ulang rumusnya, cukup copy saja dengan cara click di cell yang sudah diketik rumusnya lalu arahkan cursor ke kanan bawah cell yang dikelilingi kotak hitam hingga muncul tanda + lalu click, tahan dan seret kesemua cell yang diinginkan.
Copy rumus kesemua cell yang diinginkan

Setelah dicopy maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini
Hasil keseluruhan

Mudah bukan..?
Jika ada yang masih bingung silahkan ulangi langkah-langkah diatas berulang kali agar dapat dimengerti.
Sekian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat.

Jangan lupa kunjungi lagi blog ini untuk mengikuti pelajaran - pelajaran selanjutnya.

Terimakasih

No comments:

Post a Comment